Top Menu

Dari 5 Gurun Pasir Ini, Salah Satunya Ada di Indonesia loh.

RanselLusuh.com, Bumi ini memang begitu indah dan beragam yah sob. Memang pantas untuk menjadi tempat tinggal berbagai makhluk hidup, dari yang besar, kecil, kuat, lemah, dari yang hanya memiliki nafsu saja, sampai yang sempurna pikiran dan nafsu seperti manusia.

Tak hanya itu juga,  kekayaan dan keindahan alamnya pun tak perlu kita ragukan lagi. Ada Gunung, Laut, Sungai, Padang Rumput, dan juga gurun pasir.

Oke sobat ransel. Kali ini kita akan bahas sedikit masalah Padang pasir nih, mungkin sobat ransel semua sudah tau kan nama-nama gurun pasir yang ada di dunia ini, atau bahkan sudah pernah ke sana.

Eh tau tidak sobat ransel ternyata gurun pasir itu ga ada hanya di luar negeri saja loh. Di Indonesia pun ada rupanya ( lebih tepatnya Padang Pasir sih) tapi tidak apa-apa kan. Yang penting ada pasir-pasir nya.

Pertama, Gurun Sahara meliputi negara-negara Mesir bagian Utara sempai ke tengah antara lain Mesir, Libya, Algeria, Mali, Niger, Tunisia, Mauritinia, Sudan dan Maroko.

Wihhh njirrr luar banget wilayahnya, wajar saja kemudian UNESCO menetapkan Gurun Sahara sebagai gurun terluas di dunia. Luas wilayah gurun Sahara 9.100.000 km2. Gile bener.

Sobat Ransel. Dulu di Gurun Sahara ini terjadi peristiwa alam yang sangat mengejutkan. Gurun Sahara sempat di selimuti lapisan salju selama sehari. Tanda-tanda mau apa yah?

Kedua nih, Gurun Gobi. Gurun ini merupakan gurun terluas di benua Asia, tau ga sobat kalau wilayahnya meliputi dua negara yakni Tiongkok dan Mongolia.

Disebelah Utara gurun ini berbatasan langsung dengan pegunungan Altai, di sebelah barat berbatasan dengan Tibet. Lalu selatan dengan dataran China.

Luasnya 1.295.000 km2. Mantap jiwa. O yah, baru-baru ini ditemukan satu hewan yang sangat mematikan yang hidup di gurun Gobi namanya Cacing Maut Mongolia. Hmmm kudu hati-hati yah sobat kalau mau jalan-jalan ke sana.

Ketiga nih, Gurun Kalahari. Jika gurun Sahara tadi meliputi wilayah Afrika Utara, nah gurun Kalahari ini meliputi wilayah Afrika Selatan antara lain Botswana, Afrika Selatan, Namibia.

Luasnya 900.000 km2. Tapi sob, di bandingkan dengan gurun Sahara, Gurun Kalahari ini tak semuanya hamparan pasir tapi juga terdapat rerumputan yang bisa tumbuh disaat musim hujan. Wihh... indahnya.

Keempat, Gurun Arabia. Kalau dilihat dari namanya sobat pasti sudah tahunkan letak gurun yang satu ini. Yups... Timur Tengah. Gurun ini terletak di semenanjung Arab. Meliputi negera-negara; Irak, Kuwait, Oman, Yordania, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab dan Yaman.

Luasnya, 2.330.000 km2, sebenarnya Gurun ini terdiri dari 2 Gurun. An-Nafud seluas 68. 035 km2 dan Gurun Rub Al Khali seluas 593.110 km2.

Terus Padang pasir yang ada di Indonesia apa nih. Sabar sob. Kalau sobat ransel sedang main ke Jogja, cobalah sobat berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Padang pasir ini terletak diantara muara pantai Parangtritis dan Pantai Depok, Yogyakarta dengan luas 2 km. Padang pasir satu-satunya yang ada di Asia Tenggara, rencananya nih akan didaftarkan ke UNESCO Word Heritage. Karena salah satu fenomena alam yang tak biasa, uniknya lagi karateristik pasir yang ada di Gumuk pasir Parangkusumo, Yogyakarta ini sama dengan karakteristik dengan pasir di Meksiko. Walah...

O yah, kalau sobat ransel mau berkunjung ke sana, bisa ngapain apa saja sih?

Tenang, di Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta ini sobat bisa melakukan kegiatan yang seru dan keren, salah satunya,  bermain ski pasir (Sandboarding), dengan ketinggian 20 meter, sobat bisa meluncur sejauh 200 meter, wihhh  seru ga tuh.

Gumuk pasir ini juga sering di jadikan tempat syuting film. Antara lain Perempuan Berkalung Sorban dan juga video klip beberapa lagu band Letto dan juga Agnez Mo. Serta dijadikan tempat manasik haji.

sumber:

https://www.google.co.id/amp/travel.tribunnews.com/amp/2017/01/16/ini-5-gurun-pasir-terluas-di-dunia-gurun-sahara-luasnya-melebihi-luas-daratan-indonesia

http://www.bukutahu.com/2017/07/7-padang-pasir-di-indonesia.html?m=1

Posting Komentar

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates