Top Menu

Bukan Sekedar Lulus Kuliah tapi Cumlaude, Begini Caranya.



RanselLusuh.com, sejatinya siapa sih yang  tidak mau lulus kuliah tepat waktu, sobat ransel juga pasti mau kan?

Tapi pertanyaannya sobat ransel sudah lakukan apa untuk menggapai itu semua. Nah dalam cuap-cuap kali ini kami ingin membagikan bagaimana sih agar lulus kuliah tepat waktu dan tidak sekedar lulus tapi juga comluade, wihh keren kan. 

Yang kudu sobat ransel ingat untuk lulus dan dapet gelar comluade itu tidak mudah loh. Butuh perjuangan sampai berdarah-darah sampai titik air mata penghabisan. Hehehe lebay.
Oke dah, tidak sudah banyak cuap langsung saja ini caranya.

1. Organisasi dan Belajar
Sobat ransel pernah denger kan istilah Mahasiswa Abadi, tau ga salah satu penyebabnya apa? Yah ini terlalu sibuk berorganisasi. Tidak ada yang salah kok dalam berorganisasi sebab di sana kita bakal mendapat pengalaman dan juga bekal buat sobat nanti ke dunia kerja. Tapi kudu diinget yah, tugas utama sobat sebagai mahasiswa itu apa? Belajar. Jangan kebalik, menomor duakan kan belajar mendahulukan organisasi.

2. Target Setiap Semesternya.
Dalam hal ini sobat dituntut untuk membuat target persemester, jangan tangung buatlah target IPK 4,0. Untuk mendapatkan itu yah, kudu giat dan semangat belajarnya. Kerah kan seluruh kemampuan sobat untuk menggapainya. Bila memang tak bisa mendapatkan nilai IPK 4,0 minimal diakhir perkuliahan sobat lulus dengan cumlaude.

3.  Belajar Tiap Waktu, bukan pas waktu mau UTS atau UAS.
Ini nih salah satu penyakit mahasiswa, eh bukan mahasiswa saja sih, pelajar juga sering dihinggapi penyakit macam ini,
Belajar sistem kebut semalam atau dadakan, pas Deket lagi mau UAS atau UTS giat banget belajarnya, di hari lain malah nyanyi-nyanyi saja coy. Kebiasaan seperti ini mestinya dibuang yah sob. Belajarlah di mana pun dan kapanpun. Semangat.

4. Jangan Menunda-Nunda Sob.
Menunda juga salah satu penyakit yang kudu dibereskan. Bila ada tugas dari dosen, segeralah untuk dikerjakan, jangan dikerjakan mepet-mepet dengan waktu deadline yah sob, nanti sobat akan repot sendiri.

Ngerjainnya sih baiknya saat sobat lagi ada waktu kosong. Walau belum masuk semester akhir, mengambil ancang-ancang itu perlu sob, misal kita sudah mempersiapkan tema skripsi yang akan sobat garap, mencari dan memilih judul untuk akhir kuliah nanti, agar sewaktu sudah mau skripsi sobat tidak kebingungan lagi.

5. Pastikan Tidak Cuti Kuliah
Tau ga sob, sering sekali kita temukan beberapa kasus ada mahasiswa yang mengambil cuti perkulihan, itu sah-sah saja sih tergantung pribadi masing-masing, tapi bila kita ingin lulus tepat waktu dengan hasil yang memuaskan mau tidak mau kita tidak boleh cuti dari perkuliahan.

6. Sering-Seringlah Melakukan Bimbingan
Kenapa sih jika masa-masa menyusun skripsi, terkadang ada mahasiswa yang lama banget nyelesaikan skripsinya. tau ga sob? mungkin ini penyebabnya. Apa? yah males bimbingan. Saat menyusun skripsi hal yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa yaitu rajun bimbingan. Jangan sedih sob,  bila hasil pekerjaanmu akan dicoret-coret oleh dosen pembimbing sebab hal itu adalah proses pembelajaran.

7. Pastikan Juga Nilaimu Tidak Ada yang mendapatkan C, atau mengulang.
Di beberapa universitas menetapkan bila seroang mahasiswa mendapatkan nilai C maka dipastikan tidak akan mendapatkan gelar cumlaude walau pun nilai didapat besar. Jadi, sobat harus kudu benar-benar memastikan yah agar tidak mendapatkan nilai C.

8. Do'a dan Restu Orangtua adalah Kunci, Sob!
Jika lagi belajar ingat orangtua sob gimana dengan susah payahnya beliau mengkuliahkanmu, maka pastikan sobat mendaptkan restu dan doa dari mereka. Agar belajar sobat jadi berkah dan dimudahkan semua urusan. Aamiin.

9. Selalu Targetkan Kapan Sobat Akan Lulus.
Mimpi, yah sobat harus memiliki impian dan target kapan akan lulus, sebab dengan begitu sobat akan selalu termotivasi dan terarah. Serta selalu percaya diri dengan target yang kita  canangkan. Oke sob semangat.

Nah, itulah beberapa tips gimana sih supaya kita ga sekedar lulus tapi juga mendapatkan gelar cumlaude.

sumber foto: www.ayobuka.com

Posting Komentar

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates