Top Menu

Kenapa Kita Harus Menulis Diary dan Apa Manfaat yang Bisa Kita Rasakan?






“I never without may diary. One should always have something sensational to read on the train.”Oscar Fingal O’Flahertie  Wills Wilde, Penyair, Cerpenis, Novelis dan Penulis naskah drama dari London. 

RanselLusuh.com, Diary, sebenarnya apa yang ada dalam benak kita tentang menulis diary? Seperti kegiatan kaum wanita atau anak-anak kah? Atau kapan terakhir kali kita menulis diary?Pernah waktu kecil dengan rutin setiap hari, pernah sekali saja seumur hidup, atau bahkan tidak pernah sama sekali. 

Oke, sekarang saya bukan ingin membahas pernah dan kapan kawan-kawan menulis dalam buku harian. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit apa sih manfaat menulis diary? Bukan hanya  untuk kalaangan  cewek atau anak-anak saja, melainkan untuk semua kalangan baik laki-laki, perempuan, orang dewasa  atau anak kecil.

Kebiasaan menulis buku harian/diary adalah kebiasaan kuno, kebiasaan ini dimulai pada 10 Mesehi di Jepang. Bahkan para tokoh-tokoh besar bangsa Eropa pun sering sekali melakukan kegiatan menulis buku harian ini, contohnya seperti Kaisar Romawi Aurelius dan juga Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte yang kabarnya sering sekali menulis buku harian.

Lalu apa sih manfaat dari menulis buku harian ini?


Jika Kepercayaan Dirimu Redup,  Maka Menulislah, tidak dapat dipungkiri kegiatan menulis bisa dijadikan sarana untuk kita meningkatkan rasa kepercayaan diri untuk menjalani kehidupan ini termasuk juga menulis buku harian. Sebab begini, pada kebiasaan orang-orang yang selalu rutin menulis diary dia akan bisa mengatur waktunya dengan bijak. 


Apapun yang kita tulis dalam buku harian kita, sebenarnya kita sedang merekam segala hal yang pernah terjadi dalam kehidupan kita, termasuk juga permasalahan hidup yang pernah menjadi luka dalam diri dan dari sanalah kita akan mengerti bahwa setiap permasalahan hidup akan berakhir pada waktu yang tepat dikemudian hari. 



Penyembuh dan KesehatanDiri,  Percaya atau tidak? Tetapi kita perlu mencobanya. Menurut penelitian seorang dosen psikologi dari Universitas Texas, James Pennebaker, bahwa jika kita rutin menulis buku harian maka akan memperkuat sistem imun atau bisa dikatakan juga dengan T-Iymphocytes. 

Menulis diary juga kabarnya bisa mengurangi stres, menulis apapun perasaan yang sedang kita alami saat itu seperti marah, kecewa, sedih. Ternyata bisa mengurangi dampak dari perasaan buruk itu.
Bila kita menuliskannya pada buku harian kita, apapun hal buruk yang kita alami maka akan membuat kita lebih baik dan tenang, ada rasa plongg gitu. Sehingga kita bisa mengurangi pengaruh negatif. Selain mengurangi stres dan memperkuat imun, menulis diary juga baik untuk menjaga kesehatan dari penyakit radang sendi.

Penghubung Masa Lalu dan Masa Sekarang, Jika kita rutin menulis buku harian maka kita akan bisa melihat bagaimana keadaan kita dimasa lalu, apa yang sudah terjadi di kehidupan dulu yang pernah kita alami, dan saya pun pernah mengalami hal itu. Dan dari sanalah kita bisa mengukur dan menilai tentang kualitas diri kita sendiri. Apa yang harus dan perlu kita pertahankan, yang perlu kita perbaiki dan yang perlu kita buang tentang diri kita.

Sebab, buku harian yang pernah kita tulis adalah cerminan diri kita sendiri dari masa ke masa. Jika kita ingin melihat bagaimana tentang diri kita dimasa lalu, silakan buka saja buku harian kita  yang pernah kita tulis di tahun sebelumnya. 

Dari kegiatan menulis  buku harian/diary itu, bisa kita jadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi diri kita dari tahun ke tahun, ada sebuah pepatah mengatakan bahwa jika kita sudah melakukan kesalahan berulang-ulang sebanyak tiga kali, maka sejatinya kita itu lebih bodoh dari kerbau, sebab seekor binatang seperti kerbau saja ia tidak ingin terjebak dalam lubang yang sama sebanyak tiga kali. 


Maka, orang-orang yang sering menulis buku harian ini akan lebih teliti dalam melakukan segala sesuatu. Tidak hanya menjadikan kita lebih teliti akan tetapi juga mampu menjadikan kita lebih tau arah hidup yang jelas. 

Oke, itulah cuap-cuap sedikit saya tentang kenapa kita harus menulis diary dan apa manfaat yang bisa kita rasakan yah kawan.
Semoga bermanfaat. 

sumber foto google:
www.matakota.id
www.khtinusantara.com
www.solusisehatku.com
www.aceh.net



Posting Komentar

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates