Top Menu

Tips Memotret Menggunakan Kamera Handphone




RanselLusuh.com, Oke sob, kembali bersama kami ransellusuh.com, insyaAllah akan selalu memberikan postingan yang bermanfaat. Kegiatan memotret sering sekali kita lakukan dalam setiap peristiwa atau momen yang terjadi dalam kehidupan kita, dan memotret adalah salah satu cara mengabadikannya. 

Tapi terkadang kita sedikit kesulitan mengabadikannya tersebab keterbatasan alat, karena tidak memiliki kamera DSLR mungkin? Yups, di era sekarang semua pasti memiliki handphone kan? Dan di dalam handphone itu memiliki fitur kamera kan? Nah, ga ada salahnya kan ita memanfaatkan kamera handphone itu untuk memotret momen yang kita miliki dengan sekeren dan sekreatif mungkin.

Untuk menghasilkan  hasil karya foto dari kamera handphone itu ga bisa sembarangkan? Dalam pembahasan kita kali ini, bagaimana Tips memotret Menggunakan Kamera Handphone agar menghasilkan karya foto yang Ciamik.


Cahaya 
Yang kita tahukan sob kalo kamera handphone itu memiliki kekurangan, kita tahu bahwa kamera handphone itu tidak sesensitif mata kita yang bisa melihat diremang. Jadi, apa yang perlu dilakukan? Sobat harus memastikan bahwa cahaya yang menerangi objek itu mencukupi. Terutama jika kita ingin membidik objek yang berada di dalam ruangan (indoor), kalau diluar ruangan (outdoor) sih ga masalah pasti cahaya akan tercukupi. Menurut pengalaman kawan-kawan, hasil foto di outdoor jauh lebih baik ketimbang di Indoor. 


 Memotret Objek yang Unik/Tak Biasa
Ini penting sob, sebab sebagus apapu kualitas kamera yang sobat miliki jika tak pandai membidik objek yang menarik, maka hasilnya juga biasa-biasa saja, jadi kudu pinter nyari objek yah. Caranya bagaimana? Yah sering-sering latihan atau sobat juga bisa lihat-lihat karya fotografer profesional yang tersebar di dunia maya, cek dan cari akun sosmed milik fotografer  profesional.



Miliki Handphone yang Kualitas Kameranya Terbaik
Selain harus memiliki skill memotret objek yang menarik, kualitas kamera handphone juga mempengaruhi hasil foto dari kamera handphone yang biasa-biasa saja, jadi buat sobat yang punya kelebihan duit boleh lah beli handpone berkualitas seperti Galaxy S9, Iphone X atau Pixel 2 ketiga handpone itu memiliki dynamic range, reproduksi warna dan kemampuan serta punya kelebihan bisa memotret saat kondisi cahaya kurang mencukupi.

Tapikan mahal, tenang sob ada pilihan alternatif handpone dengan harga terjangkau, nih mimin kasih tau bocorannya. Huawei Honor, Moto G atau Xiaomi Mi6 kabarnya juga memiliki kamera yang sekualitas dengan tiga handphone di atas dan harga terjangkau.




Stabil Saat Memegang Handphone
Penting juga sob, sebab jika objek yang mau diambil sudah bagus, kualitas kamera sudah oke, dan cahaya mencukupi eh malah dirusak oleh getaran yang dihasilkan dari ketidakstabilan tangan kita saat memegang handphone, malah hasilnya jelek dah.

Jadi pastikan tangan kita tenang saat mengambil foto, solusinya gimana? Sobat bisa menggunakan alat bantu seperti tripod meja dan lain-lain. 



Ketahui Jeda Shutter dan Pastikan Lensa Bersih
Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa kamera handphone tentu memiliki keterbatasan, juga termasuk jarak waktu shutter kamera handphone jelas berbeda dengan kamera DSLR cendrung lebih cepat. Jadi sobat perlu mengetahui dengan baik supaya tangan kita tetap tenang saat shutter.

Oya sob, yang kudu diperhatikan juga adalah lensa kamera handphone kita soalnya sebagus apapun objek yang ingin kita bidik, jika lensa kamera kotor maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Membersihkan lensa juga ga bisa sembarangan, carilah kain kering yang lembut tak perlu cairan apapun, bila terkena minyak maka perlu cairain pembersih LCD.


Mendekatlah ke Objek, Hindari Zoom
Sob seperti yang kita ketahui panjang focal lensa kamera handphone biasanya 18-25 mm dalam dunia fotografi disebut dengan lensa sudut lebar, itulah sebab mengapa objek yang kita bidik menjadi kecil hal itu menyebabkan kita tergoda untuk melakukan pinch to zoom. Lalu apa solusinya? Yang kudu Sobat lakukan ialah mendekat ke objek yang ingin kita potret. 

kita bisa saja mengcropping hasil foto di komputer tapi resolusi fotonya juga ikut terpotong, makah hindarilah hal ini. 


Oke sob mungkin itu saja yang bisa kami berikan mengenai Tips Memotret Menggunakan Kamera Handphone, semoga bermanfaat yah. 


sumber refrensi dan foto:
- belfot(.)com
- Okezone techno
- fotoss




Posting Komentar

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates