Top Menu

Mau Traveling dengan biaya mini? begini caranya!


 Hai gaes, apa kabarnya nih? Pastinya kita semua berharap pada sehat-sehatkan.
Sebelumnya, kita semua pada seneng jalan-jalan kan? Tapi kadang kalah terbentur waktu atau malah dananya nih. Ada waktu luang buat jalan-jalan eh dananya tidak ada, kadang pula ada dana eleh malah waktunya yang kurang tepat.




Okelah, pada curhat-curhatan saya kali ini mengenai bagaimana sih caranya jalan-jalan tapi dengan budget mini?  Selama ini kegiatan jalan-jalan selalu kita kaitkan dengan kegiatan yang memerlukan biaya yang mahal. Betul nggak?


Nah, tapi setelah sobat semua membaca curhatan saya ini, pasti sobat akan mikir ulang kalau traveling itu tidak harus menggunakan biaya yang mahal. Percaya? Yuk ikuti beberapa cara berikut ini:


Hal yang harus pertama kali sobat lakukan ialah RISET. Ini penting sekali, tidak hanya dalam hal traveling sih tapi semua bidang. Dari riset ini kita akan mengetahui berapa dana yang diperlukan sobat untuk melakukan perjalanan itu. Apa yang perlu diriset sih? Banyak, mulai dari destinasti tujuan, transportasi pulang dan pergi ke kota tujuan, transfortasi selama dikota tujuan, penginapan, makan, serta oleh-oleh apa yang perlu kita cari dan bawa ke rumah. 


Kedua, sobat harus menggunakan TRANSFORTASI UMUM,  hal ini sangat berguna untuk sobat meminimalisir pengluaran, memang sih menggunakan transfortasi umum tidak senyaman ketika kita memakai kendaraan pribadi yang adem semeriwing, tapi bukan itu yang utamakan paling penting kita bisa sampai ditempat tujuan (dengan selamat). 




Tidak cukup dengan menggunakan angkutan umum, tapi ada hal yang perlu diperhatikan juga guna memaksimalkan misi kita untuk traveling low budget. Apa itu? Melakukan perjalanan di malam hari dan menggunakan transfortasi darat. Melakukan perjalanan malam ini bisa menghemat sobat untuk penginapan, jadi kalau kita pergi ke suatu kota tujuan dengan perjalanan malam sobat bisa manfaatkan untuk beristirahat, dan setelah sampai pada tujuan sobat sudah fresh dan bisa langsung pergi ke destinasti wisata. 



Sementara mengapa kita harus memakai tranfortasi darat? Jelas transfortasi darat lebih murah daripada udara. Bukan tidak boleh, terutama untuk perjalanan jauh lebih baik menggunakan pesawat. Tapikan tiket pesawat mahal? Nah untuk menghemat sobat bisa memesan tiket pesawat minimal lima bulan sebelum atau bahkan setahun sebelum jadwal kita jalan-jalan, kenapa? Karena harga tiketnya cendrung lebih murah ketimbang kita dadakan. Tak lupa juga sobat sering-sering mengunjungi website maskapai, di sana sering juga mengadakan promo tiket, lumayankan.


Selanjutnya, jalan-jalan tak harus menginap di hotel, sobat bisa menginap di PENGINAPAN yang low budget alias tak berbintang. Sobat bisa menginap di penginapan/hotel backpaker yang cendrung lebih murah. Yang pentingkan bisa merebahkan tubuh di atas kasur. 


JAJAN DIPINGGIR JALAN, ini juga perlu dilakukan sobat biar bisa ngirit, saat traveling tak mesti makan di restoran mewah dengan harga selangit. Jajanan dipinggir jalan tidak kalah enaknya loh, pastinya terjangkau dikantong (nggak bikin kantong bolong). Paling penting itu, harga murah, banyak, enak dan bikin perut kenyang.


CARI OBJEK WISATA PROMO bila perlu gratis. Itulah kenapa diawal tadi saya tegaskan kepada sobat untuk melakukan riset terlebih dahulu, agar sobat sudah mengetahui destinasti wisata yang murah atau bahkan gratis guna meminimalisir pegeluaran sobat. 




Jika sudah ketemu destinasti wisata yang murah, ada hal yang kudu sobat perhatikan juga, bahkan tidak kalah penting dari semuanya. MEMBAWA MAKANAN dari luar tempat wisata. Tahu sendirikan betapa mahalnya makanan ditempat wisata, selangit bos, nah dengan begitu sobat bisa menghemat pengeluarankan.


Traveling pada saat low season. Apa itu Low season? Bukan saat musim liburan. Nah, sobat bisa melakukan liburan tapi bukan pada saat liburan. Tau sendirikan, biasanya pada saat musim liburan semuanya jadi naik, ongkos transportasi naik 100%, tiket tempat wisata juga naik. Selain itu, tempat wisata jadi rame, kan jadi nggak nyaman lagi. Saya ada cerita sedikit, ini pengalaman teman saya yang mau pergi ke tempat wisata di Jawa pada saat musim liburan. Eh, bukannya dapet liburan yang nyenengin tapi waktu banyak habis dijalan karena macet seharian, keselkan!


Kebiasaan kita yah kalau jalan-jalan pastinya ingin ngabawain, adik, sodara yang dirumah oleh-oleh gitu kan. Ada tipsnya nih biar dapet oleh-oleh yang murah. Hindari beli oleh-oleh di spot tourist (tempat turis) di suatu daerah pasti adakan yang namanya pusat oleh-oleh. Nah disarankan tidak beli di sana, sobat bisa beli di pasa tradisional yang harganya mungkin cendrung lebih murah.


AJAK TEMAN, mungkin sebagian  orang jalan-jalan sendirian itu lebih menyenangkan, tapi saran untuk sobat cobalah ajak teman untuk melakukan sebuah perjalanan, manfaatnya apa sih? Selain seru, kita bisa ajak temen kita patungan untuk mengunjungi destinasti wisata, menginap di hotel, bahkan bisa ada yang ngefotoin kan, dari pada minta tolong sama orang lain. Saran saya sih, jangan terlalu banyak ngajak temen usahakan ngajak temen yang satu hobi, satu visi dan misi dengan kita, kalau kebanyakan nanti malah ngerusak perjalanan kita sob. 


sumber refrensi: www.blog.thecaption.com, www.indtimes.com, hipwee.com.
foto: blog.klm.com, forbes.com, irishcentral.com

5 komentar :

  1. Setuju tuh bawa bekal dan cari promo biar irits

    BalasHapus
  2. Jadi ingat udah lama ngga piknik bareng bocah dan bojo hehe

    BalasHapus
  3. Aku ya tetap aja bengkak. Pasukannya banyak. Hihihi. Tapi ng3jar promo bisa ngurangin dana juga, jd hemat

    BalasHapus
  4. Bener juga tuh resepnya... bisa diterapin

    BalasHapus
  5. semoga bermanfaat yah mas dan mbak-mbak hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates