Top Menu

AQUAMAN: Sebuah Pesan untuk Menjaga Laut



RANSELLUSUH.COM - Semua bermula ketika Ratu Atlanna (Nicole Kidman) melarikan diri dari Kerajaan Atlantis, terdampar dan ditemukan oleh seorang pemuda penjaga mercusuar  bernama Tom Curry (Tumuera Morrison).  Tom menyelamatkan hidup Ratu Atlanna, mereka saling jatuh cinta dan menikah. Pernikahan dua makhluk dari alam berbeda. 

 
Dari hasil pernikahan mereka lahirlah Arthur.  Di sisi lain, Raja Atlan tidak tinggal diam akan kepergian Ratu Atlanna yang akan dinikahkan secara paksa pada Raja Orvax, Raja Atlan mengutus pasukannya untuk menjemput putrinya.  


 Demi keamanan Arthur, Tom dan kehidupan di darat, Ratu Atlanna memutuskan kembali ke dunianya di Samudera Atlantik. Hal yang sangat berat untuk Tom. Waktu berjalan begitu cepat. Tapi apakah cukup sampai di sini saja? 


Film garapan sutradara James Wan ini benar-benar memberikan kita sebuah tontonan menarik dan menghibur tapi apakah tanpa pesan yang ingin disampaikan. Selama aku menyaksikan film yang diperankan oleh Jason Momoa (Arthur) ini, ada sebuah pesan yang tersirat. Tapi apa?


Pasukan bajak laut yang dipimpin oleh Black Manta (Yahya Abdul-Mateen II) menyergap sebuah kapal selam nuklir. Tapi. Penyergapan itu berhasil digagalkan oleh Arthur, atas aksi heroiknya, Arthur kemudian dikenal sebagai Aquaman superhero, namun dibalik itu, kematian ayah Black Manta membuat lelaki berkulit gelap itu menaruh dendam kepada Arthur. 



Jika kita cermati film action fantasi produksi DC Entertainment ini mengingatkan kita pada film dengan yang berbeda, setting dalam film ini akan mengingatkan kita pada film Avatar, sementara persenjataan mengingatkan kita pada film star wars, kemudian kostum seperti film romawi. 


Atlanitis kini sudah dikuasi oleh raja Orm, anak dari Ratu Atlanna dan Raja Orvax. Di suatu tempat yang tersembunyi Raja Orm melakukan pertemuan tertutup dengan Raja Nereus dari kerajaan Firshmen untuk membentuk koalisi serta membahas perperangan dengan dunia darat. 


Tapi disaat pertemuan itu berlangsung, sebuah kapal selam datang dan membombardir tempat itu hingga hancur, disaat itu pula, Raja Orm memanasi Raja Nereus bahwa sudah saatnya untuk perang melawan dunia darat. Padahal, kapal selam itu hanyalah, kapal selam suruhan milik Black Manta yang sudah bersekongkol dengan Raja Orm untuk mengelabuhi raja neurus demi ambisinya menguasi dunia darat dan laut. 


Bermodalkan serangan kapal selam itu, Raja Orm memulai perperangan dengan mengirimkan tsunami yang dipenuhi sampah, kapal rongskok ke daratan. Ditengah-tengah gulungan ombak tsunami itu, Mera (Amber Heard) putri dari Raja Nereus serta tunangan Raja Orm menemui Arthur untuk meminta bantuan mengagalkan rencana Raja Orm dan Raja Nereus dengan cara merebut tahta atlantis, karena Arthur sebagai anak dari Ratu Atlanna, juga memiliki hak menjadi  raja atlantis. 





Bersama Mera, Arthur kemudian pergi ke kerajaan atlantis, pada scene ini kita akan dibuat takjub, bagaimana bisa terpikir, ada sebuah kota kerajaan yang super canggih di dasar samudera.  Arthur dan Mera kemudian menuju ketempat tersembunyi, di sana mereka dengan Vulko (Willem Dafoe) seorang menteri yang tidak sepakat dengan rancana Raja Orm. Maka ditempat itu, mereka membuat rencana untuk merebut tahta atlantis tapi rencana mereka diketahui pasukan kerajaan, Arthur tertangkap. 


Arthur akhirnya bertemu dengan raja orm. Raja Orm membuat tantangan bertarung dengan Arthur, jika Raja Orm kalah maka tahta kerajaan atlantis akan menjadi milik Arthur tetapi bila Arthur kalah, nyawa akan menjadi taruhannya. Tantangan itu diterima oleh Arthur, pertarungan dua bersaudara itu disaksikan oleh ribuan rakyat kerajaan atlantis.


Arthur kalah, nyawanya diselamatkan oleh Mera yang  membawa arthur pergi keluar kerajaan. Salah satu cara agar bisa mengalahkan Raja Orm adalah dengan melawannya menggunakan senjata trisula yang asli milik raja Atlan, senjata trisula itu berada di laut tersembunyi.  


Masih banyak sekali hal-hal yang mengejutkan di film ini,  mungkin tidak akan  terpikirkan oleh kita sebelumnya. Film berdurasi 2,5 jam ini disajikan sedikit berbeda dari beberapa film superhero produksi DC yang selalu serius, di film Aquaman ini kita akan disajikan dengan humor yang bisa bikin kita tertawa, adakalah tegangnya pula. Jadi dengan durasi segitu tidak terasa nontonnya (malah merasa kurang hehehe).


Ada sebuah pesan yang mulia dari film action fantasi ini, bukan sekedar film yang bisa bikin kita berdecak kagum semata. Pesan mulia itu berbunyi jagalah laut kita dari sampah-sampah,  sebab di dalam laut juga terdapat kehidupan.  Pesan itu aku tangkap dari scene ketika Mera mengajak Arthur mengambil kendaraan yang mera sembunyikan di dalam sebuah kontainer di dalam laut dengan sampah-sampah berserakan dan mengapung dipermukaan. 


Juga pada scene saat pertemuan Raja Orm dan Arthur, pada kesempatan itu Raja Orm menampilkan video, banyak sampah-sampah di lautan, ikan-ikan diracuni, ditangkap dengan tak semestinya, rupanya hal seperti itu dianggap perperangan oleh makhluk laut.

Sekian dulu yah, lebih seru lagi kalo kamu nonton filmnya. 

sumber foto: google

10 komentar :

  1. Baku saing antara Marvel sama DC. Memang film walaupun hiburan, biasanya pasti ada pesan yang tersembunyi

    BalasHapus
  2. Hahaha... aku suka sudut pandang yang berbeda seperti ini 😁😁

    BalasHapus
  3. Aku belon nonton.. Pdhl pnasaran.. Mksh reviewnya

    BalasHapus
  4. Film ini dilihat dari segi positifnya juga oke, kampanye kelautan. Cuma disayangkan adalah beberapa adegannya terlihat sekali bahwa itu adalah ATM (amati, tiru, modifikasi) tapi yang nggak banyak inovasi. Salah satunya adegan awal, dan adegan ketika Mera sama Arthur di gurun.

    BalasHapus
  5. Sepertinya menarik, meski saya tak terlalu suka genre fantasy

    BalasHapus
  6. Pesannya keren ya, tapi saya kurang suka dengan film fantasi, btw.. Saya jadi belajar ternyata menarik juga buat review film kayak gini.. Hehe

    BalasHapus
  7. Aku suka pemeran Aquaman tapi belum dapat nonton ey katanya bagus ya dan kocak

    BalasHapus
  8. Masa ada yang bilang banang Aquaman mirip Limbad, kezam..gak terima..

    BalasHapus
  9. Kami belum nonton. Film kek gini kalo di rumah aku kurang laku, hiiks. Tiga anak cewek semu

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates