Top Menu

5 Destinasi Wisata di Palembang Ini, Wajib Dikunjungi





RANSELLUSUH.COM – Hallo sobat ransel, kalian tahukan Palembang ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota yang dijulukin kota pempek ini rupanya memiliki destinasi wisata yang seru dan wajib sobat kunjungi saat sedang berada di Palembang.

Ya sudah, langsung saja yuk ini dia 7 Destinasi Wisata di Palembang yang wajib kamu kinjungi, di Palembang.

Pulau Kemaro,  destinasi wisata ini sungguh sudah tidak asing lagi bagi wong kito, letaknya berada di tengah sungai musi, Pulau Kemaro merupakan destinasi wisata religi, karena dipulau ini ada tempat beribadah umat Buddha, berupa kelenteng dan juga pagoda. Bukan hanya sekedar menawarkan keindahannya saja, berupa bangunan kelenteng dan pagoda yang didominasi oleh warna merah tapi Pulau Kemaro menyimpan sebuah cerita legenda cinta antara Tan Bun An dan Siti Fatimah, itu loh Tan Bun An merupakan pangeran dari negeri Tirai Bambu  sedangkan Siti Fatimah merupakan putri di Kesultanan di Palembang. Ets, tapi kali ini aku tidak akan menceritakan panjang lebar mengenai kisah mereka yah sob.

Oke, untuk bisa mengunjungi pulau kemaro sobat bisa lewat jalur air, yups kayaknya memang adanya cuma jalur air yah. Sobat bisa naik ketek yang biasa ngetem di Benteng Kuto Besak (BKB), ongkosnya kisaran Rp 10.000/ orang. Setelah sampai, sobat bisa foto-foto deh di kelenteng atau pagoda. Bisa juga sih, menikmati embusan angin dari sungai musi sambil minum air kelapa muda. 




Taman Wisata Alam Punti Kayu, Punti kayu merupakan satu-satunya hutan di indonesia yang letaknya di tengah-tengah kota atau letaknya di KM 7, Alang-Alang Lebar dengan luas 39,9 hektar. Di sini kaya sekali akan fauna dan flora. Kekayaan floranya meliputi pohon pinus, mahoni, akasia, talog dan pulai. Sementara kekayaan floranya meliputi kera ekor panjang,  beruk, tupai, biawak dan musang.

Taman Wisata Alam Punti Kayu sempat bergonta-ganti alih fungsi mulai dari paru-paru kota Palembang, kemudian diperluas fungsinya sebagai hutan konservasi namun tidak meninggalkan fungsi sebagai hutan wisata. Terus kamu bisa ngapain saja saat berkunjung ke punti kayu? Jawabnya banyak kok, di punti kayu sudah disiapkan beberapa wahana rekreasi buat sobat semuanya baik untuk masyarakat kota Palembang atau masyarakat luar. 

Wahana tersebut antara lain; Jembatan gantung, perahu bebek, perahu naga, kebun binatang, outbond training, flying fox. Pengunjung juga bisa menjelajah rawa hutan yang bermuara ke danau punti kayu dengan menggunakan perahu naga. 

Tidak hanya itu saja loh, saat ini penglola punti kayu terus berinovasi dengan cara menambah beberapa spot yang instagramable cocok banget buat sobat narsis terus pamer deh di sosmed. Untuk bisa berkunjung ke punti kayu, sobat bisa naik Transmusi, Ojek online atau naik LRT deh. 




Danau Opi, letaknya tak jauh dari komplek olahraga Jakabaring Sport City, ini merupakan danau yang berada di tengah-tengah perumahanan, mengapa tidak? Jika sobat ingin ke danau ini, maka sobat akan melewati jalan yang di sekitarnya banyak perumahan. Yah, dengar kabarnya sih, dulu area danau ini dikeruk untuk dijadikan lahan perumahan tapi lama kelamaan makin dalam dan menjadi danau, hal itu diperkuat juga dengan tampungan air hujan membuat air danau ini menjadi kebiru-biruan, serta banyak tanaman air yang tumbuh. 


Seiring berjalan waktu danau ini menjadi tempat rekreasi masyarakat kota Palembang dan sekitarnya, banyak terdapat gazebo untuk pengunjung gunakan sembari menikmati angin sepoi-sepoi dari danau, atau berwisata kuliner jagung bakar, kelapa muda serta makanan ringan lainnya. 


Sekedar saran sih, kalau berkunjung baiknya sore hari saja, kalau siang panas banget. Terus lagi, kalau ada pengamen yang dateng kagak usah dikasih, karena kalo sobat ngasih, mereka akan dateng lagi, lagi, dan lagi.  




Palembang Bird Park, jika sobat ingin meraskan bagaimana berinterasik dengan burung-burung, berkunjung ke Palembang Bird Park adalah hal yang sangat tepat. Letaknya tidak terlalu jauh dengan danau opi, dan juga Jakabaring sport city, atau lengkapnya samping Opi Mall. Untuk masuk ke sini, sobat cukup bayar Rp 50.000 include makanan burung yang bisa sobat kasih ke burung-burung di sana.




Benteng Kuto Besak, jika bosan dengan wisata yang itu tadi, sobat juga bisa berkunjung ke Benteng Kuto Besak, letaknya di tepian sungai musi. Sobat tidak bisa sembarangan masuk ke dalam benteng ini, tapi di alun-alun benteng juga asyik kok. Sobat bisa melihat gagahnya Jembatan Ampera dari sini, menikmati sore, bercengkrama dengan teman-teman tentu asyik bukan. Atau mau merasakan sensasi makan pindang ikan patin di atas perahu? Bisa juga di sini. Yuk dateng saja ke Palembang. 



 sumber refrensi. indonesiakaya.com
foto : google

13 komentar :

  1. Jadi pingin ke Palembang..
    Apa enaknya nunggu event olahraga besar lagi ya?

    BalasHapus
  2. Tidak pernah ke Palembang, karena tidak pernah tau tempat wisatanya...
    Menarik juga 5 destinasi diatas..

    BalasHapus
  3. Sudah dua kali ke Palembang, belum pernah ke sini :-)

    BalasHapus
  4. Dulu aku tinggalnya sebelah punti kayu persis, tiap hari Minggu dangdutan hihi berisik, pengen banget main ke Palembang lagi..

    BalasHapus
  5. Palembang aku jadi ingat Shine Fikri, bagus-bagus ya pemandangannya, ciamik.

    BalasHapus
  6. Wah jadi pengen ke Palembang, makasih info menariknya ya

    BalasHapus
  7. Bagian depan benteng kuto besak nya mirip ma gapura di yogya ya..

    BalasHapus
  8. Jembatan gantung puntikayu itu eksotis kali kayaknya ya 😍

    BalasHapus
  9. Itu kenapa gak boleh masuk benteng? Waktu kunjungan ke Benteng Van der Wijck bebas, kok.

    BalasHapus
  10. Keren banget. Jadi pengen berlibur ke Palembang. Saya sangat suka makan pempek dan kerupuk Palembang di Medan. Walaupun bukan asli dari palembang tp lezat

    BalasHapus
  11. Aku tertarik dengan Benteng Kuto Besak, semoga suatu hari bisa ke sana.

    BalasHapus
  12. Boleh kapan-kapan nih jadi Tour Gaet kalau aku ke Palembang

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates