Top Menu

Merencanakan Keuangan Diusia Muda, Pentingkah?




Selamat malam sob, hari ini 1 Mei 2019, bertepatan dengan peringatan hari buruh sedunia kan? Nah pastinya tanggal merah, libur kerja,  hore selamat bagi yang libur saja yah. Oke sob, pada cuap-cuap kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai bagaimana sih merencanakan keuangan diusia muda, apalagi kamu yang masih single atau jomblo, ini penting banget, jangan sampai kamu terlena oleh kejombloanmu, terus tidak memperhatikan masalah keuangan deh. 

Apa lagi laki-laki jomblo harus memiliki keuangan yang kuat, taulah sendirikan untuk apa, aciyeee...

Okelah, ngomong-ngomong mengenai kenapa kita harus merencanakan keuangan yang baik diusia muda. Merencanakan/mengatur  keuangan diusia muda sangat penting sob, kagak peduli dia masih sendirian alias jomblo ataupun sudah menikah. Kalau sudah menikah merencanakan keuangan untuk pendidikan, kesehatanan anak-anak kelak juga kewajiban bagi orangtua.

Terus bagimana sih cara kita mengatur keuangan pribadi?

Bisa membedakan kepentingan pokok dan keinginan, hal ini tipis banget sob bedanya, terkadang kita lebih sering terjebak membeli sesuatu yang kita inginkan ketimbang hal tersebut bener-bener kita butuhkan. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya kita sering ikut-ikutan trend, Padahal ada yang lebih penting dari semua itu, misalnya utamakanlah membayar hutang dan mengangsur cicilan terlebih dahulu, hal itu bisa meringankan beban mental kita. 

Kemudian, baru kita bisa berpikir untuk menempatkan pos-pos lain dalam list budget bulanan, tentu saja ketika kita melakukan hal ini secara teratur maka kita akan bisa lebih bijak dalam mengatur keuanagan kita sob.




Berpikir untuk mencari tambahan, mencari tambahan agar tidak bergantung sama gaji bulanan boleh-boleh banget sob, tidak ada yang salah untuk itu. semakin hari, kebutuhan kita semakin bertambah, tentu untuk mengatasi hal itu, kita butuh pemasukan tambahan. 

Mulailah mencari pemasukan tambahan, dengan berbisnis sampingan yang tidak menganggu pekerjaan utama. Banyak kok, yang bisa kita lalukan untuk berbisnis sampingan ini, salah satunya menjual produk secara online (reseller), dan lain-lain. Dengan berbisnis sampingan ini, secara tidak langsung melatih kita untuk memiliki jiwa berwirausaha, soalnya tidak mungkin kan kita selamanya bekerja terus dengan orang lain. Oke sob!

Hidup hemat, atur gaya kehidupan sesuai keuangan, saya teringat perkataan dari seorang pakar keuangan ternama “Hiduplah sesuai isi saldo anda.” Sudah paham kan maksudnya, jangan berlebih-lebihan dalam menjalani kehidupan ini, sederhana saja, agar semua rencana keuangan kita berjalan dengan baik, hal ini tentunya bukan mengajarkan kita untuk hidup pelit, bukan tapi hemat, berbelanja sesuai kebutuhan, agar kita terhindar dari kehidupan glamor, poya-poya, hura-hura yang tidak bermanfaat. 

Berinvestasi, Jika ada kelebihan uanga, tak ada salahnya kita berinvestasi, sebab investasi juga merupakan tabungan untuk kita di masa depan.

Berinvestasi sama saja dengan menanam sebuah pohon buah, kelak pohon itu akan bertumbuh berbuah,  dan kita sendirilah yang akan menikmati hal tersebut. Secara tidak langsung jika kita berinvestasi, maka uang yang akan bekerja untuk kita, sehingga dengan begitu, kita akan memiliki keuangan yang kuat. 




Memiliki Tujuan Keuangan yang jelas, siapapun kita, sudah berkeluarga ataupun yang masih single, hal ini perlu dilakukan, terlebih-lebih bagi sobat yang sudah menikah, rumah, pendidikan dan kesehatan anak, semua itu perlu dipikirkan, setidaknya kita harus memiliki tujuan keuangan yang jelas minimal 5 tahun.

Menabung secara teratur,  ketika kita ingin memiliki kesejahteraan dimasa depan tanpa memiliki tabungan maka hal tersebut dirasa sedikit konyol. Penting sekali untuk kita menabung, seberapapun penghasilan kita saat ini, tak perlu banyak, seusai kemampuan kita saja, asal kita bisa menabung secara teratur itu sudah cukup. 

Nah, kira-kira cukup segitu saja dulu yah sob mengenai rencana keuangan diusia muda, langsung action saja sekarang, tanpa menunggu nanti-nanti. 


sumber refrensi: akun.biz, cermeti.com 
sumber foto: google

8 komentar :

  1. Jomblo aja rajin atur keuangan konon lagi Pas udah gak jomblo, senang bangetlah istrinya ini ntar 😁

    BalasHapus
  2. Merencanakan keuangan itu sangat penting dong, masa depan euy...hihi

    BalasHapus
  3. Mumpung belum punya tanggungan anak dan istri, bujangan emang kidi investasi

    BalasHapus
  4. Ayo dimulai dari sekarang, biar nanti lebih nyaman saat berkeluarga, rutin berinvestasi dan mengatur keuangan dengan baik..

    BalasHapus
  5. Menurutku yang paling efektif semasa muda itu berinvestasi dan membuka usaha. Jadi kalau gagal masih banyak waktu untuk memulai yang baru dan belajar dari kesalahan.

    BalasHapus
  6. Penting banget sih menurutku. Selain merencanakan, kita juga bisa action utk prepare keuangan. Jadi ga kelabakan dg tagihan atau kebutuhan2 yg ingin dibeli.

    BalasHapus
  7. Hidup memang perlu perencaan. Kalo kita gagal untuk berencana, maka itu artinya kita berencana untuk gagal.

    BalasHapus
  8. Poin satu dan tiga itu yg orang sering kebablasan. Kadang pengen hemat jd jatuh ke jurang pelit. Kadang sebaliknya.
    Seperti kata2 bijak itu, gaji seberapa pun cukup untuk hidup, tp tidak cukupnklo untuk gaya hidup.

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates