Top Menu

4 Kunci Sukses Menulis Novel


RANSELLUSUH.COM, Saat ini menjadi penulis novel adalah impian sebagian orang. Tak bisa dipungkiri, menjadi penulis yang berhasil sudah seperti artis, yang terkenal dan kaya, semua bisa diraih dengan cara menjadi penulis novel. Mengenai apa tujuan menjadi penulis, mau melahirkan karya yang bermanfaat, terkenal atau ingin kaya raya, itu pilihan masing-masing. 
 
Untuk menjadi penulis yang berhasil tentu tidak mudah, ada beberapa hal yang harus dilakukan, berikut ini 4 Kunci Sukses Menulis Novel.

Pertama, Mencari Sudut Pandang yang berbeda, di dunia ini ada berapa ribu novel dengan tema yang sama misal; Romance. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Siti Nurbaya, Laila Majnun, Romeo dan Juliet, semuanya bercerita tentang sepasang kekasih dan orang ketiga, begitu terus. Tapi, apa yang membedakan semua novel itu dengan Ayat-Ayat Cinta-nya Kang Abik? Sehingga laris dipasaran. Padahal temanya sama tentang romance? jawabnya Karena novel kang abik memiliki sudut pandang yang berbeda, Kang Abik menyajikan romance islami, serta mengambil latar belakang di Mesir, biasanyakan di Seoul atau di tempat romantis  seperti Roma, Paris dan lainnya. 

Kedua, Amunisi, hal ini sangat dibutuhkan jika kita ingin menjadi penulis. Jika tak memiliki amunisi, apa yang mau ditulis? Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan amunisi; Membaca – membaca  dan menulis adalah dua sisi uang yang tidak boleh dipisahkan. Untuk menulis kita membutuhkan wawasan, dan wawasan itu bisa didapat dengan membaca.  

Melakukan perjalanan, banyak tempat dan orang baru yang kita temui,  akan membantu kita mendapatkan inspirasi menulis. Kemudian Bertemu dengan  orang-orang bijak, pernah lihat pedagang bakso? Coba tanyakan pada mereka tentang suka duka berdagang bakso, pasti mereka lebih paham soal itu, nah itu lah disebut orang-orang bijak. 

Ketiga, Kalimat pertama adalah mudah, gaya bahasa adalah kebiasaan, dan menyelesaikan lebih mudah lagi. Kata bang Tere Liye, kalimat pertama itu mudah sekali, tetapi kenapa banyak orang yang kesulitan dikalimat pertama? Jawabnya karena mereka yang mempersulit. Tipsnya, tuliskan saja apa yang ada di kepala kita, jangan pikirkan tulisan ini jelek atau bagus. Lalu, gaya bahasa itu akan terbentuk jika kita sering berlatih menulis. Menyelesaikan lebih mudah lagi. Kata Bang Tere Liye, siapa yang tahu kalau novel Hafalan Sholat Delisa itu sebenarnya belum selesai? Jutaan pembaca dan penonton film Hafalan Sholat Delisa tidak ada yang tahu kalau sebenarnya novel tersebut belum selesai, karena Bang Tere Liye sudah kehabisan ide untuk novel itu, maka diselesaikan saja. Tamat.  itukan suka-sukanya penulis.

Keempat, terakhir nih pamungkas banget. Menulis, menulis,dan menulis alias latihan terus, sebuah nasihat lama mengatakan; “Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua untuk menanam pohon adalah hari ini.” Artinya jika kita ingin berhasil menjadi penulis maka tanamlah pohon kepenulisan itu dari sekarang. Sebab, menulis itu membutuhkan proses yang panjang. Tipsnya, biasakan menulis 1.000 kata setiap hari selama 180 hari, jika gagal, ulangi  lagi dari awal. Dari sana kita bisa melihat perkembangan tulisan kita dari hari ke hari.

foto: kumparan



8 komentar :

  1. Kebanyakan orang membandingkan diri dengan orang lain, akhirnya down duluan. Padahal harusnya dia membandingkannya sama diri dia sendiei di masa sebelumnya. Dan setuju soal bertemu orang-orang bijak, jadi penulis juga harus eksplor supaya dunianya benar-benar hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalo kita hidup berdasarkan kata orang lain mungkin akan rumit jadinya

      Hapus
  2. Menulis novel butuh nafas panjang. Eksplorasi justru penting dalam menulis novel. Kuncinya menulislah lebih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh banyak latihan yah kk, biar enak atur nafasnya, hehe

      Hapus
  3. Bener banget nih kang Tipsnya, masuk akal juga 😀😀

    Yang poin 3 dan 4 itu nyambung banget 😁

    BalasHapus
  4. Banyak bergaul dengan beragam orang, banyak jalan-jalan kayaknya juga bisa jadi pendukung novelis sukses ^_^

    BalasHapus
  5. Benar banget, tak ada jalan lain untuk jadi penulis selain mulai menulis,menulis dan menulis terus..semangat!

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan ransellusuh.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates